NAME : Muhammad Reza Padillah

BIRTHDAY : 20-06-1998

COUNTRY : Samarinda, Indonesia

STATUS : Kamu Human Error !


Toward #1 IT Vocatioanal School In Indonesia .: SMK Ti Airlangga :.

Wednesday 16 September 2015

Manfaat Bahasa Inggris Untuk Orang IT

Share it Please
Intermezzo dulu yukk , Yap.. Tulisan saya kali ini merupakan sebagian curhatan saya, Sebagai anak IT (Informasi Teknologi) yang mengambil jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang mata pelajarannya dominan banyak menggunakan bahasa inggris ketimbang bahasa indonesia nya.
Di jurusan RPL ini juga pada saat saya dan teman-teman membuat sebuah program dan mengalami atau menemui bug atau error pada program atau aplikasi nya hal yang pertama kami lakukan adalah mencari error tersebut di google seperti gambar berikut :


Pencarian kata kunci bahasa indonesia dan bahasa inggris di google

karena ada sebagian dari kami yang bahasa inggris nya tidak begitu lancar jadi pada saat mencari di google kami mengetikan kata kunci seperti gambar yang di sebelah kiri yaitu dengan bahasa indonesia.
Dan sebagian dari kami yang bahasa inggris nya lancar pada saat mencari di google mengetikan kata kunci seperti gambar yang di sebelah kanan yaitu dengan bahasa inggris.

Nah sekarang apa bedanya padahal kami mencari errorr tersebut sama-sama menggunakan Google yang tak lain search engine nomor 1 di dunia yang sering di gunakan banyak orang di seluruh dunia, Bedanya adalah entah mengapa teman-teman saya yang menuliskan kata kunci di google dengan bahasa inggris lebih cepat menemukan error atau bug pada programnya ketimbang yang menuliskan kata kunci nya dengan bahasa indonesia. Setelah saya pelajarin ternyata artikel-artikel yang Ber-bahasa inggris lebih terjamin kebenarannya dan tutorial-tutorial yang Ber-bahasa inggris 100% berhasil untuk di pelajari.

Mari kita lihat buktinya :


Hasil Pencarian Di Google Dengan Menggunakan Bahasa Indonesia
Nah gambar di atas adalah hasil pencarian dengan bahasa indonesia terlihat jelas bahwa hasil yang di tampilkan hanyalah berupa sebuah artikel, kita lihat beda nya seperti gambar di bawah dengan hasil pencarian menggunakan bahasa inggris terlihat jelas bahwa google sangat mendukung kata kunci yang menggunakan bahasa inggris, gambar di bawah terlihat google menampilkan tutorial berupa artikel dan video.


Hasil Pencarian Di Google Dengan Menggunakan Bahasa Inggris
Tulisan saya ini bukan berarti menjelekkan artikel-artikel yang ber-bahasa indonesia tapi terlihat jelas bahwa google sangat mendukung artikel-artikel dan tutorial yang ber-bahasa inggris. 


Nah apabila kita berbicara teknologi otomatis kita akan menemukan bahasa inggris karena keduanya selalu berkaitan misalkan saja kita menggunakan computer, laptop, smartphone dimana yang bahasa default nya adalah bahasa inggris. Maka dari itu menurut saya mahir atau lancar ber-bahasa inggris bagi anak-anak IT atau orang-orang IT sangat penting di karenakan banyak sumber pembelajaran baik buku maupun media internet yang menggunakan bahasa inggris dapat menambah pengetahuan dari berbagai sumber tersebut.

Bukan bagi orang-orang yang bergelut dengan komputer saja yang penting untuk belajar bahasa inggris yang lainnya pun untuk bisa belajar bahasa inggris sangat lah penting ( Why English Matters ) Yapp... Apa Pentingnya Bahasa Inggris kalau kita bicara bahasa inggris tentang segala hal mau itu dalam hal komunikasi,membaca dan lain-lain sangatlah penting, berikut saya akan memberikan beberapa contoh kenapa bahasa inggris itu penting :

  • Dalam hal berkomunikasi bila ada orang asing mengajak berbicara kita atau menanyakan sesuatu bahasa yang di gunakan pastilah bahasa inggris, jadi bahasa inggris sangat lah penting untuk kita pelajari agar kita mengetahui apa yang dimaksud orang-orang ketika berbicara bahasa inggris.
  • Setiap hari kita menggunakan computer, laptop, smartphone kita pasti tahu bahasa utama yang digunakan adalah bahasa inggris, di karenakan para produsen menyadari bahwa bahasa inggris adalah bahasa internasional karena itulah banyak produsen menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa default atau utama dalam produknya.
  • Seperti apa yang saya tuliskan di atas tadi banyak sumber pembelajaran mau itu buku, internet (Google,Bing,Yahoo, etc) yang hampir semuanya menggunakan bahasa inggris dan kita dapat menambah ilmu pengetahuan dari beberapa sumber tersebut, nah yang pasti kita harus bisa bahasa inggris untuk bisa menambah ilmu dari beberapa sumber tersebut.

Nah karena tulisan saya kali ini banyak membicarakan orang IT jadi saya juga akan memberikan beberapa contoh bahwa bahasa inggris itu sangat penting bagi orang-orang IT :

  • Pertama semua software yang kita gunakan di laptop atau komputer kita hampir semuanya menggunakan bahasa inggris jadi kalau bahasa inggris kita kurang otomatis kita pasti akan lambat menguasai software tersebut, walau ada beberapa software yang bahasa nya bisa diatur menjadi bahasa indonesia atau yang lainnya.

  • Apabila kita menemui error atau bug pada program yang kita buat, coba deh searching dengan menggunakan bahasa inggris di jamin lebih cepat menemukan solusinya ;). 

  • Kamu suka main game tapi bahasa inggrisnya belum lancar otomatis main game jadi bingung dong, nah kalau kita bahasa inggris nya lancar main game nya jadi enak dong gak bingung-bingung lagi :D. Bermain game juga dapat membuat beberapa orang menjadi lancar berbahasa inggris jadi main game yukk biar bahasa inggris nya lancar haha :D #Kidding

  • Kamu jago di bidang web Ingin cepat bisa menguasai framework seperti laraver,codeigniter dsb. pelajari lah documentation atau documentasi langsung dari web nya, documentasi nya yang pasti menggunakan bahasa inggris jadi kalau pengen cepat paham harus bisa bahasa inggris.

  • Yang terakhir apabila kita bergelut dengan bidang teknologi otomatis kita dianjurkan bisa bahasa inggris, jadi bahasa inggris itu sangatlah penting bagi orang-orang IT.

Jadi bagaimana menurut kalian dari beberapa contoh yang saya berikan di atas apakah kalian sudah berpikir bahwa penting nya untuk bisa bahasa inggris itu sangat penting. Kenapa kita sangat dianjurkan untuk belajar bahasa inggris, apabila kita dianjurkan atau disuruh untuk belajar bahasa inggris berarti ada manfaat nya dong hmm kalau kita bicara manfaat nya bisa berbahasa inggris banyak sekali yang terlintas di pikiran kita jadi saya akan memberikan beberapa contoh Manfaatnya Menguasai Bahasa Inggris :

Karena artikel saya ini topik utamanya berkaitan dengan orang IT jadi saya cuma akan memberikan 4 manfaatnya menguasai bahasa inggris untuk orang Non-IT atau umum :

  • Manfaat yang paling utama adalah yang pasti akan membuat kita lancar berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang-orang luar negeri.

  • Kita dapat mudah mengerti apa yang disampaikan orang-orang, buku, prosedur, dan pentunjuk yang menggunakan bahasa inggris.

  • Apabila kita sangat bisa menguasai bahasa inggris kita bisa mengajarkan ilmu tersebut dengan saudara atau keluarga kita maupun orang lain agar ilmu itu bermanfaat untuk orang lain.

  • Untuk anak-anak atau siswa-siswi yang masih bersekolah dan sudah sangat bisa menguasai bahasa inggris pastinya akan membantu anak tersebut dalam pelajaran bahasa inggris untuk mendapatkan nilai yang bagus.
Nah lalu bagaimana Manfaatnya Menguasai Bahasa Inggris untuk orang-orang IT ;) :

  • Pertama kita akan mudah menggunakan atau menguasai sistem operasi atau operating system (OS) dikarenakan menggunakan bahasa inggris baik itu OS untuk computer maupun smartphone.

  • Seperti yang saya bahas diatas tadi menguasai bahasa inggris sangat bermanfaat untuk bisa menggunakan software dengan lancar.

  • Banyak sekali tutorial atau modul-modul di internet baik itu tentang pemrograman,jaringan maupun design yang hampir semuanya menggunakan bahasa inggris, jadi kita harus bisa menguasai bahasa inggris untuk dapat mengerti dari tutorial atau modul tersebut.

  • Kita semua tahu bahasa pemrograman apapun menggunakan bahasa inggris jadi untuk mengerti bahasa pemrograman seperti itu kita harus bisa menguasai bahasa inggris untuk dapat memahimanya. disini akan saya perlihatkan salah satu bahasa pemrograman :
Kalau bahasa inggris kita lancar pasti akan mudah mengerti beberapa tag bahasa pemrograman yang saya berikan seperti contoh gambar diatas jadi bagaimana manfaat nya? sangat bermanfaat kan :D
 
  • Bagi seorang freelancer dengan bisa berbahasa-inggris sangatlah bermanfaat bagi dirinya, menerima project dari luar negeri sangatlah menguntukan terutama dalam hal pendapatan. Coba deh bayangkan kalau bahasa inggris kita tidak bisa pasti sangat menganggu dalam hal komunikasi yang bisa mengakibatkan si client tidak jadi menggunakan jasa kita. 
Di karenakan bahasa inggris saya kurang lancar ada beberapa email dari beberapa orang yang menawarkan saya project yang saya tolak dan saya tidak balas email tersebut karena saya masih ragu dengan bahasa inggris yang saya punya, berikut salah satu screenshoot nya :
Sebenarnya saya mau menerima project tersebut namun karena orang tersebut meminta kerjanya face to face jadi dia menyuruh menggunakan skype sebagai media nya,, nah sekali lagi dikarenakan bahasa inggris saya kurang maka dari itu saya menolak nya..
Yaa gitulah rasa sesal nya ada ibarat kan kita menolak rezeki yang datang, maka dari itu buat kalian mulai dari sekarang belajar lah bahasa inggris sedini mungkin manfaatnya pasti akan terasa kok :)
Dalam dunia game pun bagi yang sangat menguasai bahasa inggris pun manfaat nya banyak :


  • Dapat langsung mengerti atau menguasai game yang di mainkan terutama dalam game berkategori adventure yang banya berbicara nya.

  • Dapat berkomunikasi dengan lancar dengan sesama gamer dari luar negeri.

  • Dalam hal misi lebih cepat selesai dikarenakan mengerti bagaimana kita menjalankan misi tersebut.

  • Dapat bisa membuat cheat dari sebuah game yang dimainkan.

Yapp itulah menurut saya beberapa contoh penting dan manfaat nya untuk bisa berbahasa-inggris , Apalagi di zaman sekarang dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat kita haruslah bisa ber-bahasa inggris agar lancar berkomunikasi dan sebagainya.

Nah lalu bagaimana dengan kalian yang bahasa inggris sudah lancar bagi teruslah belajar bahasa inggris agar lebih lancar dari yang sebelumnya sudah lancar :D 
Oh, iya kalian sudah tau belum tentang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan di mulai pada akhir 2015 mungkin disini akan saya jelaskan dengan singkat, Di tahun 2016 nanti apabila kalian melihat orang asing berjualan, anggaplah lelucon nya begini "Bila nanti anda melihat yang jualan tukan bakso adalah orang asing maka anda jangan heran di karenakan orang-orang bisa berjualan atau berwirausaha di indonesia" :D jadi orang-orang di negara sekitar ASEAN dapat bisa membuka usahanya di anggota negara ASEAN.

Lalu bagaimana cara kita Mengetahui Kemampuan Bahasa Inggris Yang Kita Miliki berikut saya akan memberikan beberapa contoh mengtahui kemampuan bahasa inggris kita :

Kamu berbicara atau chatting bahasa inggris dengan orang asing dengan lancar, nah berarti bahasa inggris anda sudah mantap tuh.

Bagi kamu yang sering nge-blog dengan tulisan bahasa inggris berarti bahasa inggris nya sangat mantap tuh jadi tak usah di ragukan lagi.

Mungkin yang suka main game dan lancar membaca pentunjuk nya berarti bahasa inggris anda lancar tuh :D

Nah itu lah bebrapa contohnya ;), untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris kita juga harus melakukan sebuah test dong untuk mengukur tingkat kemahiran ber-bahasa inggris kita. hmm oh, iya ada yang tau ITC itu apa nggak ? ITC ( IndonesiaTest Center ) Info Tentang ITC bisa anda lihat di http://itc-indonesia.com/index.php/en/2015-03-26-07-19-34/profil-itc/tentang-itc , nahh disitu anda bisa mengetahui kemampuan bahasa inggris kita dengan cara mengikuti test, kenapa saya anjurkan teman-teman untuk mengikuti test mengukur tingkat kemampuan bahasa inggris di ITC karena test ini berstandar international dan banyak kelebihannya.

Nahh jadi sekarang yukk coba kita test di ITC Indonesia untuk mengukur tingkat kemampuan bahasa inggris kita baik itu dalam hal komunikasi, membaca dan sebagainya ;) 




"Kami menyediakan asesmen dan pelatihan terbaik dan paling terpercaya untuk pelanggan kami. Selalu menambah dan meningkatkan kepercayaan diri mereka baik sebagai individu, organisasi dan sebagai bagian dari komunitas global."

Written by

Blogger Muda Yang Masih Berstatus Pelajar, Yang Berkecimpung Di Dunia IT Semenjak Tahun 2013 Dan Ingin Berbagi Ilmu Pengetahuan Tentang Programming Web Design,Desktop Application, Tips Blogging, Google Adsense, Dan Internet Marketing. Temukan Celotehan Saya Di Twitter @Anaksmkti

1 comments:

© 2014 Website Inspirasi. Template Created By Templateism, Full Redesigned By Muhammad Reza Padillah